Selasa, 29 Oktober 2013

Perbedaan Anime dengan Kartun

Digimon
Apa sih bedanya Anime dengan Kartun? diluar sana masih banyak orang yang memperdebatkan perbedaan Anime dengan Kartun, yap kali ini saya akan membahas itu. Kartun dengan Anime memang sama-sama video berbentuk animasi, hanya saja dari segi "karakteristik" sangat jauh berbeda. Apa itu karakteristik? karakteristik bisa dikatakan pula sebagai ciri khas, sebenarnya kita bisa dengan mudah membedakan Anime dengan Kartun dari segi karakteristik nya. Karakteristik bisa tertuju pada tehnik penggambaran, alur cerita, ataupun ciri-ciri lainnya. Dari segi tehnik penggambaran pada Kartun biasanya terlihat imut dan simple, sedangkan dari segi tehnik penggambaran pada Anime tidak jarang kita menemukan karakter anime yang berpenampilan sangar cenderung menyeramkan.

Dari segi alur cerita pun Anime biasanya jauh lebih rumit dan kompleks daripada Kartun yang biasanya alur ceritanya itu monoton hanya sekedar untuk menghibur penonton nya saja, meskipun sebenarnya Anime pun tujuannya untuk menghibur penonton namuk tidak jarang alur cerita pada sebuah Anime dibuat rumit dan penuh misteri yang memaksa para penonton nya untuk berpikir bagaimana ending atau alur cerita pada Anime tersebut.

The Simpsons
Lihatlah contoh gambar Kartun disamping, jika dibandingkan dengan Anime mungkin ini lebih simple daripada Anime, meskipun sebenarnya ada juga Anime yang simple seperti ini namun itu biasanya adalah Anime yang diperuntukkan untuk penonton anak kecil. Latar belakang gambarnya pun terlihat lebih sederhana dan kurang detil, bandingkan dengan Anime yang mempunyai latar belakang gambar yang lebih detil dan rumit seperti nyata. Untuk lebih detilnya gambar Anime silahkan lihat contoh gambar dibawah ini.

Date a Live

Shingeki no Kyojin

Saya hanya ingin memperjelas apa yang dimaksud kata "berbeda" oleh para penggemar Anime, mungkin yang dimaksud perbedaan antara Anime dengan Kartun oleh para penggemar Anime itu adalah karakteristik nya, tapi jika orang awam bilang Anime dengan Kartun itu sama saja mereka hanya melihat dari segi bentuk video animasi nya saja. Jadi disini saya tidak menyalahkan pihak manapun baik orang awam yang mengatakan Anime dengan Kartun itu sama saja ataupun sebaliknya. Saya juga tidak ada maksud untuk menjelek-jelekkan ataupun merendahkan Kartun dimata penggemar Anime ataupun sebaliknya, saya hanya ingin berbagi pendapat saja kepada orang-orang, dan ini juga murni hasil pemikiran saya sendiri tidak men-copy paste dari blog lain meskipun saya sempat mencari sedikit referensi mengenai Anime dan Kartun.

Mungkin jika dari kalian ada yang tidak setuju dengan pendapat saya ini bisa mengungkapkan nya di bagian kolom komentar dibawah, namun saya harap kalian menggunakan bahasa yang sopan yang tidak menyinggung perasaan orang lain ataupun yang menimbulkan keributan. Saya mohon maaf jika ada kata-kata saya yang menyinggung perasaan kalian.

Terima Kasih banyak sudah meuangkan waktu untuk berkunjung ke blog saya! ^.^)v




2 komentar:

  1. semua gambar bergerak itu disebut animasi secara kategori anime dan kartun termasuk dalam gambar yang bergerak berarti keduanya termasuk animasi

    #salamKartunStick

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah ada kartun stick gw tau deh siapa pelakunya

      Hapus