Selasa, 30 September 2014

Rahasia Pengalaman Suit Actor Pertama Godzilla


Haruo Nakajima adalah seorang suit actor salah satu karakter paling ikonik di Jepang. Pada tahun 1954, dia adalah orang pertama yang menggunakan kostum Godzilla.

Baru-baru ini aktor yang kini berusia 85 tahun itu mengungkapkan rahasia tentang pengalamannya selama menjadi suit actor Godzilla kepada majalah Jepang, Josei Seven.

Sebelum syuting, Nakajima mengunjungi kebun binatang Ueno selama seminggu untuk membantu persiapannya dalam memerankan Godzilla. "Pada saat itu ada seekor gajah dari India yang disebut Indira dan saya mengamati bagaimana dia berjalan," katanya kepada Josei Seven. Nakajima memperhatikan bagaimana gajah menempatkan kakinya di tanah, "Jadi gaya Godzilla berjalan itu terinspirasi dari seekor gajah."

Nakajima juga mempelajari bagaimana burung menggerakkan kepalanya dan bagaimana beruang menggerakkan kakinya untuk membantu dia memerankan Godzilla supaya kelihatan hidup saat syuting dimulai. Kostum Godzilla sendiri beratnya mencapai 100 kilogram.

"Satu kali pengambilan gambar berlangsung selama 7 detik," kenang Nakajima, "dan selama istirahat saya akan memeras keringat dari kemeja ke dalam toples."

Pekerjaan itu sangat sulit, namun bayarannya lebih dari cukup. Namun pada saat itu dia tidak mendapatkan penghormatan yang layak. "Dulu orang-orang tidak berbicara hal yang positif dari seorang suit actor," kata Nakajima, "akan selalu ada gunjingan ketika anda berada didalam kostum yang mereka anggap itu bukanlah sebuah akting." Namun seorang ahli film spesial efek yang terkenal di jepang, Eiji Tsuburaya mengatakan bahwa Nakajima adalah kunci untuk membuat Godzilla terlihat hidup saat dilayar.

Penampilan terakhir Godzilla sebagai suit actor Godzilla adalah pada tahun 1972 di film "Godzilla vs Gigan." Bahkan ketika dia tidak sedang menjadi suit actor Godzilla, Nakajima kadang-kadang masih sering mendapatkan peran sebagai kameo di film-film Godzilla. Dan bekerja di tempat bowling di studio Toho.

Sumber: Kotaku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar